Senin, 08 Juli 2019

Salah Satu Suku Yang Berburu Kepala Dari Filipina Yakni Suku Igorot

Suku Igorot adalah istilah yang merujuk kepada beberapa kelompk etnis Austronesia di Filipina yang berada di wilayah pegunungan Luzon. Suku bangsa ini bertahan hidup pada alam terutama di bidang pertanian dan pariwisata alam pada saat ini.

Suku Igorot
Namun pada masa lalu, suku ini memiliki ritual perburuan kepala manusia yang didasari dengan perebutan kekuasaan, persembahan kepala untuk musim panen, tumbal untuk menghilangkan penyakit yang diderita apabila ada salah seorang suku yang menderita sakit yang tidak kunjung sembuh dan persembahan kepala untuk upacara pernikahan. Untuk mengikuti ritual ini, hanya orang tertentu dari suku igorot yang melakukan perburuan kepala manusia. Karena dalam aturan suku yang dipercaya untuk melakukan perburuan ini hanyalah seorang prajurit yang sudah pernah ikut dan peperangan atau pernah memenangkan duel dengan lawannya.

Untuk mengetahui prajurit atau bukannya seorang warga igorot, biasanya ditandai dengan adanya tatto yang bernama chaklag (tanda dari seorang pemburu kepala). Dengan senjata tradisional dari suku igorot yakni kapak berbetuk besar maka para pemburu kepala akan berjuang dan mengumpulakan hasil kepala yang di buru.

Mereka percaya dengan mengumpulkan kepala yang di penggal dari korban perburuan, maka akan semakin tinggi pula kekutan magis dan keahlian dalam berperang sampai bisa dianggap sebagai orang yang pantas untuk memimpin suku.

Akibat dari perburuan kepala yang dilakukan suku Igorot ini, maka semakin tinggi perselisihan antar suku yang terjadi di masa lalu dan memicu perasaan tersinggung apabila ada suku yang menjadi korban perburuan kepala oleh suku lain.

Biasanya peperangan dalam suku ini bisa beerlangsung beberapa hingga sampai satu hari penuh sampai masing - masing suku yang ikut berperang puas akan hasil kepala yang dipenggal. Dan pada masa sekarang ini, keturunan dari suku igorot sudah tidak mempraktekkan ritual di jaman nenek moyang mereka lagi, karena mayoritas suku lebih banyak mendalamin ajaran Katholik yang berasal dari peninggalan Bangsa Spanyol yang telah pernah menjajah wilayah Filipina.
poker online, poker idn, poker terpercaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar