Senin, 15 Juli 2019

Benarkah Sungai Mekong Dihuni Seekor Naga

Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dengan kepanjangan yang mencapai 4.350 km. Aliran sungai mekong melintasi beberapa negara yakni dari China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam. Banyak wisatawan yang datang ke tiap negara tersebut pasti menyempatkan untuk berwisata ke sungai mekong.

Dengan ramainya wisatawan yang datang ke sungai Mekong, rupanya sungai ini memiliki dua misteri yang sangat terkenal, yaitu monster naga dan bola api. Bahkan kedua misteri ini pernah diulas di CNN dan menjadi perbincangan dunia.

Pasukan AS pernah melakukan ekpedisi dan menangkap seekor ikan oarfish yang berukuran sangat besar dengan kemiripan ikan seperti belut di sungai Mekong perbatasan Laos dan Thailand pada tahun 1973. Panjang ikan oarfish itu disebut-sebut memiliki panjang hingga 7 meter lebih dan diangkut oleh 15 tentara yang tampak pada gambar di bawah.


Warga setempat menjuluki ikan tersebut sebagai ' The Queen of Naga', yang konon masih berada di perairan sungai Mekong. Biasanya ikan lainnya yang berukuran besar juga mudah ditemukan pada bulan purnama di sungai Mekong wilayanh Laos. Meskipun hanya ikan, tetapi warga setempat percaya kalau ikan-ikan itu bisa dibilang sebagai titisan naga yang pernah hidup di sungai Mekong.

Sedangkan misteri bola api yang keluar dari bawah sungai dan meluncur ke langit, merupakan fenomena yang bisa anda lihat di Provinsi Nong Khai, Thailand di bulan Oktober setiap tahun pada malam hari. Nantinya akan banyak penduduk lokal maupun wisatawan yang datang berbondong-bondong memadati sungai Mekong untuk melihat fenomena alam tersebut. Dan saat ini fenomena bola api yang keluar dari bawah air sungai Mekong ini menjadi suatu festival yang bernama Naga Fireball yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Ada legenda yang menyebutkan mengenai bola api ini yang diyakini masyarakat setempat merupakan berasal dari naga yang memberikan penghormatan kepada Sang Buddha. Saat itu, Sang buddha baru saja kembali dari surga setelah menetap disana selama 3 bulan untuk mengajarkan ajaran Buddha kepada ibunya. Setelah Sang Buddha kembali ke bumi, naga du sungai Mekong melakukan penghormatan dengan cara menyemburkan bola api ke udara dikarenakan naga di sungai Mekong amat mengagumi Sang Buddha.

Apabila dipikir-pikir secara ilmiah, sebenarnya apa yang terjadi dengan fenomena alam itu?. Dari situs resmi The Goverment Public Relations Department Thailand, Bola api di sungai Mekong di Nong Khai sebenarnya berasal dari bahan organik yang mengendap di dasar sungai hingga membusuk dan terciptalah fosfin yang mudah terbakar tercampur dengan gas metana. Maka saat bulan tertentu, seperti bulan Oktober, fosfin yang mudah terbakar tercampur dengan gas metana bakal terbakar danmeluncur dari dasar sungai hingga melayang di udara.

Namun teori seperti itu tidak bisa diterima oleh penduduk Nong Khai dan mereka tetap meyakini kalau bola api tetap berasal dari semburan naga. Demi menjaga kepercayaan dan keyakinan yang telah turun-menurun di wariskan oleh leluhur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar